Kamis, 17 Januari 2013

MENGENAL JARINGAN KOMPUTER



Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri atas komputer – komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (Client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (Server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya

Jaringan Komputer berdasarkan luas area

a.  PAN (Personal Area NetworkPAN merupakan komputer yang dibentuk oleh beberapa buah komputer atau antara komputer dengan peralatan non-komputer (printermesin faxtelepon selulerPDAhandphone).

b.  LAN (Local Area NetworkLAN merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil (wilayah dalam gedung).

c.  MAN (Metropolitan Area Network MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area seukuran kota atau gabungan beberapa LAN yang dihubungkan menjadi sebuah jaringan besar.

d.  WAN (Wide Area NetworkWAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar seperti jaringan komputer antar wilayah, kota dan Negara.   

 Jaringan Komputer berdasarkan media

Wired Network Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jadi, data dialirkan melalui kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan dasar tembagaAda juga jenis kabel lain yang menggunakan fiber optis atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkan untuk MAN atau WAN menggunakan penggabungan kabel tembaga dan serat optik.

b.   Wireless Network
Wireless Network adalah jaringan komputer yang menggunakan media penghantar berupagelombang radio atau cahaya (infrared atau laser). Saat ini sudah semakin banyak pusat perbelanjaan, airport, rumah sakit, dan lokasi lain yang menyediakan layanan wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses Internet menggunakan handphone, laptop, PDA, dan perangkat mobile lainnya. Frekuensi yang digunakan wireless networkbiasanya 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Sedangkan penggunaan infrared dan laser umumnya hanya terbatas untuk jenis jaringan yang hanya melibatkan dua buat titik saja (disebut point to point).

 Jaringan Komputer berdasarkan fungsi pengertian

a.  Peer to Peer
Peer to Peer adalah jenis jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi serversekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan access dari/ke komputer lain.Peer to Peer banyak diimplementasikan pada MAN, WAN, atau Internet, namun hal ini kurang lazim. Salah satu alasannya adalah masalah manajemen dan security. Cukup sulit mengawasisecurity pada jaringan peer to peer manakala pengguna jaringan komputer sangat banyak.

b.  Client Server
Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu (boleh lebih) komputernya difungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain. Komputer yang dilayani oleh server disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses Web, E-mail, file atau yang lain. Client Server banyak dipakai oleh Internet dan Intranet.

Topologi LAN (Gambar)

a.  Topologi BUS 
Topologi BUS menggunakan sebuah kabel backbone dan semua host terhubung secara langsung pada kabel tersebut.

b.      Topologi STAR

Topologi STAR menggunakan semua komputer pada sentral atau konsentrator. Biasanyakonsentrator adalah sebuah hub atau switch.

c.       Topologi RING
Topologi RING menghubungkan host dengan host lainnya hingga membentuk ring (lingkaran tertutup).

d.      Topologi Mesh atau FULLY MESH

Topologi MESH menghubungkan setiap komputer secara point to point. Artinya semua komputer akan saling terhubung satu-satu sehingga tidak dijumpai ada link yang putus. Topologi ini biasanya digunakan pada lokasi yang kritis, seperti instalasi nuklir.

  Topologi LAN (Logika)

Ethernet (IEEE 802.3)
Ethernet telah diimplementasikan pada topologi BUS, STAR (beserta turunannya), dan MESH. Pada mulanya network Ethernet hanya mampu menangani kecepatan transfer data sekita 3 Mbps. Namun, Network Ethernet telah mengalami pengembangan dan dapat mendukung kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

b.      Token Ring
Token ring telah diimplementasikan pada topologi ring. Token Ring dikembangkan oleh IBM pada tahun 1980 dan menjadi standar IEEE 802.5. Jika “dilihat dari luar” maka Token Ringtampak seperti jaringan bertopologi star, dengan pusat jaringan yang disebut Multistation Access Unit (MAU). MAU berfungsi seperti hub, hanya saja data bergerak satu arah. Jika “dilihat dari dalam”, maka barulah tampak bahwa sebenarnya data bergerak seperti lingkaran dan melalui MAU sebagai sentral.

c.       FDDI (Fiber Distributed Data Interface)
FDDI mirip dengan Token Ring namun menggunakan dual-ring. FDDI menggunakan serat optiksebagai media networkAda teknologi yang hampir mirip dengan FDDI, yaitu CDDI (Coper Distributed Data Interface). Sesuai dengan namanya, CDDI menggunakan kawat tembagasebagai pengganti serat optic.

Metode Access
a.       CSMA/CD dan CSMA/CA
CSMA/CD digunakan pada network Ethernet dan CSMA/CA pada AppleTalk dan wireless LAN. Penjelasan singkat CSMA/CD dan CSMA/AD sebagai berikut: Pada CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access Collision Detection), sebelum melakukan transmisi data maka komputer-komputer akan “melihat” kondisi media network. Jika media network sedang “tidak digunakan” oleh komputer manapun maka salah satu komputer boleh mulai mengirim data. Pada CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access Collision Aviodance) mirip dengan CSMA/CD hanya saja metode ini dapat menghindari terjadinya collision. Sebelum data dikirim akan ada “pengecekan” terlebih dahulu untuk memastikan bahwa media network ‘benar-benar’ sedang tidak digunakan. Caranya yaitu sebelum mengirim data, komputer pengirim akan mengirim frame bernama intentIntent ini akan mengalir ke media network dan jika network benar-benar “kosong” barulah data sesungguhnya dikirim.

b.      Token Passing

Token passing digunakan pada network Token Ring dan FDDI. Pada token passing, data tidak dikirim menggunakan alamat broadcast. Setiap komputer mendapat giliran mengirim data secara adil. Sehingga tidak akan terjadi collision. Penjelasan singkat metode ini sebagai berikut: Ketika media network sedang tidak digunakan untuk mengirim data maka sebuah frame bernamatoken akan mengalir dari satu komputer ke komputer yang lain mengikuti lintasan tertutup (media network yang berbentuk cincin). Arah lintasan tetap, bias searah atau berlawanan arah jarum jam. Hal ini dilakukan terus menerus sampai ada komputer yang ingin mengirim data. Jika ada komputer yang ingin mengirim data maka dia harus menunggu kedatangan token. Setelah token datang, komputer tersebut akan “menempelkan” data pada token. Saat ini tokensudah dalam kondisi “tidak bebas” atau bia dibilang tidak ada token. Data akan diangkut ke komputer tujuan. Setelah sampai di komputer tujuan, data di-copy ke komputer tersebut. Kemudian data mengalir kembali hingga tiba di komputer asal (pengirim). Jika ada komputer lain yang pada saat itu ingin mengirim data maka dia harus menunggu sampai tokendibebaskan’. Setelah sampai di komputer asal, data akan dimusnahkan dan tokendibebaskan’ kembali. Jadi, diperlukan satu putaran penuh, mulai dari mengirim data hingga memusnahkan data yang sudah dikirim. Setelah token ‘dibebaskan’ maka token kembali mengalir di lintasannya. Jika ada komputer lain yang ingin mengirim data maka dia harus menunggu kehadiran token tersebut. Keberadaan token ‘bebas’ menjadi pertanda baginya bahwa saat data sudah boleh dikirim ke komputer lain. Token passing dapat dianalogikan seperti kereta api di taman liburan. Orang harus menunggu secara bergiliran sampai kereta tiba. Jika ada bangku kosong maka orang boleh naik kereta tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar